Rabu, 24 Agustus 2011

Tilang Rejeki

Jenis Program Acara : Reality Show
Judul Program Acara : Tilang Rejeki
Semboyan Acara : “Ditilang Malah Dapet Duit”.
Tujuan Acara : Menyadarkan setiap orang akan pentingnya nilai keamanan dan keselamatan berkendara.
Pihak Yang Terlibat :
  • Pihak kepolisian.
  • Peserta yang diambil random dari pengendara yang sedang melintas
Dasar Pemikiran : Bagi sebagian besar rakyat mungkin mendengar kata tilang sudah pasti yang langsung terbesit dibenak mereka adalah stigma negative tentang aparat yang melakukan razia/tilang terhadap pengendara kendaraan bermotor. Mulai dari mencari-cari alasan untuk menilang hingga tuduhan suap-menyuap yang ujung-ujungnya pengendara pasti mengeluarkan uang di pengadilan maupun yang mencoba menyuap. Nah, bagaimana jadinya jika anda ditilang bukannya mengeluarkan uang untuk membayar dendanya melainkan justru anda berpeluang mendapatkan duit??? Nah… lho… masa iya sih….
Konsep Acara :
Persiapan:
Sebelum acara dimulai crew dan aparat kepolisian terlebih dahulu di briefing atau diberikan pengarahan mengenai konsep acara agar tidak terjadi miss komunikasi nantinya di lapangan. Sedangkan untuk peserta diambil secara random dari kegiatan razia/tilang yang dilakukan oleh petugas.
Selain itu penting diperhatikan juga untuk peserta agar menandatangani pernyataan bahwasanya tidak akan melakukan perbuatan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain seperti: ngebut, melawan arus lalu lintas,dsb sebelum tes dilakukan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi tindakan diluar batas peserta.
Acara :
Pihak kepolisian berpura2 sedang melakukan razia/tilang di lokasi tertentu. Agar acara lebih seru, maka sasaran dari acara ini adalah peserta yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) maupun dokumen lainnya karena peserta yang tidak memiliki kelengkapan dokumen tersebut pasti ekspresi wajahnya mampu memberikan nilai jual tersendiri di layar kaca.
Setelah peserta tersebut diperiksa kelengkapan dokumennya, selanjutnya aparat kepolisian membangun komunikasi tentang kesalahan si peserta dan seolah-olah akan menerbitkan surat tilang hingga akhirnya si peserta terpojok dan mengakui kesalahannya. Setelah itu, petugas menegaskan akan menguji kemampuan si peserta akan wawasannya dalam berkendara. Nah, disini petugas memberikan beberapa tes kepada peserta yang terdiri dari tes teori dan tes praktek. Agar acara lebih menarik di episode tertentu dapat diselipkan tes yang dilakukan kepadhttp://www.blogger.com/img/blank.gifa peserta, misalnya peserta yang sedang dalam pengaruh alkohol,dsb. Tes tersebut seperti tes jalan lurus, berhitung, dsb.
Apabila peserta mampu menjalankan tes yang diberikan dengan baik dan benar maka peserta tersebut diberikan hadiah berupa uang dari sponsor sehingga peserta terkejut, “ditilang kok malah dapet duit…”.

Note: Dilarang mengcopy/mencuri/membajak/repost, dsb tanpa seijin dari penulis. Tolong hargai karya anak bangsa.

Original post: http://program-televisi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar